Jumat, 18 Februari 2011

IBD : Cinta Kasih

Menurut W.J.S. Poerwadarminta, cinta adalah rasa sangat suka atau rasa sayang , ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya.Menurut saya pribadi Cinta adalah rasa syukur terhadap sesuatu,dimana setiap manusia merasa bersyukur maka pada saat itulah manusia bisa mencintai segala sesuatunya bukan hanya kepada sesama manusia tetapi terhadap Tuhan dan alam sekitarnya. Sedangkan kasih sayang merupakan turunan dari cinta dimana ketika kita mencintai maka secara tidak langsung kasih itu akan timbul sebagai ungkapan timbal balik dari rasa cinta tersebut.
cinta terbagi menjadi 3 tingkatan,yakni :
  • tinggi, Cinta kepada Allah
cinta kepada Tuhan atau Allah adalah suatu keharusan bagi setiap manusia yang beragama dan itu menjadi tingkatan tertinggi karena Allah adalah sang pencipta kita, jadi kita wajib mencintai Allah melebihi cinta lainnya.
  • menengah, Cinta kepada orang tua, anak, saudara, istri/suami,&kerabat
cinta kepada orang-orang terdekat sangatlah penting. sebagai wujud bahwa kita peduli terhadap sesama manusia dan kita membutuhkan satu sama lain. Meskipun tak sebesar cinta terhadap Allah akan tetapi cinta terhadap sesama juga penting demi kelangsungan hidup manusia itu sendiri
  • rendah, Cinta kepada harta dan tempat tinggal
cinta kepada harta dan tempat tinggal merupakan tingkatan cinta yang tidak begitu dianjurkan, karena cinta terhadap harta terkadang menjadi terlalu berlebihan dan menjadikan individu menjadi sombong. jadi cinta pada tingkat rendah ini sebaiknya jangan terlalu berlebihan.

Pada kesimpulannya cinta kasih sesungguhnya penting untuk kehidupan manusia akan tetapi ada baiknya kita mengetahui takaran untuk mencintai segala sesuatunya, agar cinta kasih itu tidak menjadi berlebihan dan tidak menimbulkan cinta yang tidak sewajarnya.

0 komentar: