Selasa, 29 Maret 2011

IBD: Analisa Struktur Bangunan Gereja Katedral




Gereja Katedral merupakan salah satu Gereja ternama di Jakarta dimana struktur bangunannya yang unik dan mempunyai ciri khas. Bangunan Gereja ini yang dibangun dengan gaya neo gothic membuat tampilan luarnya terlihat menarik dan terkesan bernilai seni tinggi.

Dilihat dari struktur bangunan bagian dalam yang beratapkan kayu jati disertai patung dan ukiran diskelilingnya membuat kesan elegan dan suasana hikmat sangat terasa.

Pilar yang kokoh berbaris di kedua sisi menyangga atap, membentuk lorong. Di kedua sisi itu terdapat galeri pada ketinggian 7 meter, yang dulu tempat untuk paduan suara. Saat ini sudah tidak digunakan lagi untuk tempat paduan suara mengingat kondisinya yang tidak memungkinkan. Tempat ini sekarang sebagian dimanfaatkan untuk museum.


Denah dasar gereja ini bisa ditemukan di ruang museum sekarang ini. Suasana di dalam gereja yang memiliki tiga lonceng berinskripsi dengan bahasa Latin tersebut akan semakin sakral ketika pendar-pendar matahari menembus kaca jendela yang didesain berukuran besar khas bangunan Eropa. Dari kaca patri beraneka warna akan terpantul kilau keemasan matahari.

Keindahan interior gereja dipadukan cahaya matahari yang masuk lewat kaca jendela, membuat pengunjung betah berlama-lama. Tidak jauh dari pintu masuk utama, bagi pengunjung yang ingin menyaksikan koleksi-koleksi benda bersejarah dan antik milik gereja, bisa naik ke lantai dua dengan menyusuri tangga yang terbuat dari kayu jati.

Di sepanjang dinding tangga menuju ruang museum, pengunjung dimanjakan dengan keberadaan foto-foto bersejarah yang menggambarkan proses pembangunan gereja dari awal hingga kondisi Jakarta tempo dulu.

Dengan demikian saya beranggapan bahwa Gereja Katedral merupakan gereja yang memiliki nilai seni tinggi yang perlu dilestarikan, struktur bangunannya yang unik membuat bangunan ini sekaligus menjadi tempat berkunjung para wisatawan. Bentuk bangunananya juga patut dicontoh karena disamping tempat beribadah tempat ini juga mencerminkan bagaimana keindahan seni menyatu dengan kehikmatan manusia yang beribadah pada Tuhannya.

Sumber refrensi:

http://fyanghokil.wordpress.com/2010/05/19/analisa-gereja-katedral-dari-sisi-keindahan/

http://anovianto.wordpress.com/2010/05/14/analisa-gereja-katedral-dari-sisi-keindahan/

1 komentar:

langleebabst mengatakan...

MGM's $6.4B expansion would have a net loss of nearly $800
MGM's 경산 출장안마 $6.4B expansion would have 계룡 출장안마 a 강원도 출장샵 net 안성 출장샵 loss of nearly $800,000 for MGM National Harbor. · MGM National 제주 출장샵 Harbor. MGM Springfield Casino. MGM Springfield,